Top Bisnis Online

ad1

Iklan Gratis

Halaqah 64 ~ Tidak Benar Keimanan tentang Rukyatullah bagi Sesiapa yang Membayangkan dengan Keraguan dan Mentakwil dengan Akal

Halaqah 64 ~ Tidak Benar Keimanan tentang Rukyatullah bagi Sesiapa yang Membayangkan dengan Keraguan dan Mentakwil dengan Akal

๐Ÿ“˜ Kitab : Aqidah Ath-Thahawiyah


ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ูˆู…ู† ูˆู„ู‡

Masih pembicaranya tentang masalah Ar Rukyat, beliau mengatakan rahimahullฤh,

ูˆَู„َุง ูŠَุตِุญُّ ุงู„ْุฅِูŠู…َุงู†ُ ุจِุงู„ุฑُّุคْูŠَุฉِ ู„ِุฃَู‡ْู„ِ ุฏَุงุฑِ ุงู„ุณَّู„َุงู…ِ ู„ِู…َู†ِ ุงุนْุชَุจَุฑَู‡َุง ู…ِู†ْู‡ُู…ْ ุจِูˆَู‡ْู…ٍ، ุฃَูˆْ ุชَุฃَูˆَّู„َู‡َุง ุจِูَู‡ْู…ٍ، ุฅِุฐْ ูƒَุงู†َ ุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ุงู„ุฑُّุคْูŠَุฉِ ูˆَุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ูƒُู„ِّ ู…َุนْู†ًู‰ ูŠُุถَุงูُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุฑُّุจُูˆุจِูŠَّุฉِ ุจِุชَุฑْูƒِ ุงู„ุชَّุฃْูˆِูŠู„ِ، ูˆَู„ُุฒُูˆู… ุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ِ، ูˆَุนَู„َูŠْู‡ِ ุฏِูŠู†ُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ

Beliau mengatakan, dan tidak sah tidak shahih tidak benar keimanan dengan adanya Rukyat yaitu rukyatullah Yaumal Qiyamah bagi para penduduk surga.

Darussalam ini adalah nama lain dari Surga, Allฤh subhanahu wa ta’ala mengatakan
ู„َู‡ُู…ْ ุฏَุงุฑُ ุงู„ุณَّู„ุงู…ِ ุนِู†ْุฏَ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ
Dar Assalam artinya adalah negeri keselamatan, surga adalah negeri keselamatan tidak ada di sana kesusahan sedikitpun enggak ada orang yang sakit tidak ada orang yang capek tidak ada orang yang mengeluarkan kotoran semuanya adalah kenikmatan semuanya adalah kebaikan tidak benar keimanan terhadap rukyah yaitu melihatnya penduduk surga kepada Allฤh subhanahu wa ta’ala di hari kiamat

ู„ู…ู† ุงุนุชุจุฑู‡ุง ู…ู†ู‡ู… ุจูˆู‡ู…

Siapa yang tidak sah keimanannya bagi orang yang menganggap bahwasanya ruqyah ini adalah wahm/khayalan saja, Ahlu Sunnah mengatakan bahwasanya Rukyat ini adalah Haq dan tidak sah keimanan seseorang yang mengingkari rukyat dan mengatakan bahwasanya itu hanyalah khayalan saya persangkaan saja

ุฃَูˆْ ุชَุฃَูˆَّู„َู‡َุง ุจِูَู‡ْู…ٍ

Atau dia mentakwilnya, yang pertama dia menolak mentah-mentah itu yang kedua mengatakan ia melihat tapi dimaknai dan ditakwilkan demikian dan demikian, melihat tapi dengan mata hatinya, jadi ada yang mengikari benar-benar rukyatullah Yaumal Qiyamah dan ada diantara mereka yang mengingkari tapi dengan cara yang halus yaitu dengan cara mentakwilnya.

Tidak benar keimanan yang seperti itu tidak benar, kalau memang kita adalah orang yang beriman maka seharusnya apa yang datang dari Allฤh dan juga RasulNya ini kita harus menerima dan kita harus berserah diri itu yang harusnya ada di dalam diri seseorang muslim dan juga muslim

۞ูˆُุฌُูˆู‡ٌ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ู†َّุงุถِุฑَุฉٌ
۞ุฅِู„َู‰ٰ ุฑَุจِّู‡َุง ู†َุงุธِุฑَุฉٌ

۞ ูƒَู„َّุง ุฅِู†َّู‡ُู…ْ ุนَู† ุฑَّุจِّู‡ِู…ْ ูŠَูˆْู…َุฆِุฐٍ ู„َّู…َุญْุฌُูˆุจُูˆู†َ

۞ ู„ِّู„َّุฐِูŠู†َ ุฃَุญْุณَู†ُูˆุง ุงู„ْุญُุณْู†َู‰ٰ ูˆَุฒِูŠَุงุฏَุฉٌ
ุฅู†َّูƒُู…ْ ุณَุชَุฑَูˆْู†َ ุฑَุจَّูƒُู…ْ ูƒู…ุง ุชุฑูˆู† ู‡ุฐุง ุงู„ู‚ู…ุฑ ู„َูŠْู„َุฉَ ุงู„ุจَุฏْุฑِ
ู„ุง ุชُุถَุงู…ُูˆู†َ ููŠ ุฑُุคْูŠَุชِู‡ِ

Maka harus Istislam /benar-benar menyerahkan diri oleh orang-orang

ูَู„َุง ูˆَุฑَุจِّูƒَ ู„َุง ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ ุญَุชَّู‰ٰ ูŠُุญَูƒِّู…ُูˆูƒَ ูِูŠู…َุง ุดَุฌَุฑَ ุจَูŠْู†َู‡ُู…ْ ุซُู…َّ ู„َุง ูŠَุฌِุฏُูˆุง۟ ูِู‰ٓ ุฃَู†ูُุณِู‡ِู…ْ ุญَุฑَุฌًุง ู…ِّู…َّุง ู‚َุถَูŠْุชَ ูˆَูŠُุณَู„ِّู…ُูˆุง۟ ุชَุณْู„ِูŠู…ًุง

Allฤh subhanahu wa ta’ala nafikan keimanan dari seseorang sampai dia menjadikan Nabi ๏ทบ sebagai hakim yang memberikan keputusan kemudian dia tidak menemukan di dalam dirinya rasa berat terhadap apa yang sudah diputuskan oleh Nabi ๏ทบ dan dia berserah diri kepada Allฤh dengan sebenar-benar penyerahan diri,

ุฅِุฐْ ูƒَุงู†َ ุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ุงู„ุฑُّุคْูŠَุฉِ ูˆَุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ูƒُู„ِّ ู…َุนْู†ًู‰ ูŠُุถَุงูُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุฑُّุจُูˆุจِูŠَّุฉِ

kenapa tidak dibenarkan yang demikian?
Karena mentakwil rukyatullah dan bukan hanya mentakwil rukyatullah, mentakwil seluruh makna Allahualam disini adalah mentakwil seluruh sifat yang disandarkan kepada rububiyah Allฤh , mentakwil rukyat atau dia mentakwil seluruh makna yang disandarkan kepada Allฤh, mentakwil sifat yang disandarkan kepada Allฤh,

ุจِุชَุฑْูƒِ ุงู„ุชَّุฃْูˆِูŠู„ِ، ูˆَู„ُุฒُูˆู… ุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ِ، ูˆَุนَู„َูŠْู‡ِ ุฏِูŠู†ُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ

Ini adalah meninggalkan takwil dan berpegang teguh dengan menyerahkan diri dan di atasnya agama Al mursali, di atasnya agama seluruh para Rasul.

Jadi cara memanai rukyat ini maksudnya,

ุฅِุฐْ ูƒَุงู†َ ุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ุงู„ุฑُّุคْูŠَุฉِ ูˆَุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ูƒُู„ِّ ู…َุนْู†ًู‰ ูŠُุถَุงูُ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุฑُّุจُูˆุจِูŠَّุฉِ

karena cara memaknai takwil atau menafsirkan cara memahami cara memahami ruqyat dan seluruh sifat yang disalurkan kepada Allฤh itu bagaimana? caranya dengan cara meninggalkan takwil, maksudnya adalah takwil yang dipahami oleh orang-orang ahlul kalam, jadi perlu dibedakan di sini takwil yang pertama

ุฅِุฐْ ูƒَุงู†َ ุชَุฃْูˆِูŠู„ُ ุงู„ุฑُّุคْูŠَุฉِ

dengan takwil yang ada pada ucapan beliau

ุจِุชَุฑْูƒِ ุงู„ุชَّุฃْูˆِูŠู„ِ

Takwil di sini adalah takwil yang dipahami oleh ahlul kalam yaitu memalingkan sebuah kalimat dari maknanya yang shahih kepada makna yang lain, seperti Al istiwa ditakwil dengan istila, ini maksudnya jadi cara untuk memahami cara untuk memaknai melihat Allฤh dan juga cara untuk memahami seluruh sifat yang disandarkan kepada Allฤh adalah dengan cara meninggalkan takwil yang tercela yang menjadi kebiasaan orang-orang ahlu Kalam,

ูˆَู„ُุฒُูˆู… ุงู„ุชَّุณْู„ِูŠู…ِ

Caranya adalah dengan melazimi, berpegang teguh dengan Al Taslim /penyerahan diri , takwil ini berarti belum menyerahkan masih mengutak-atik mencari-cari adapun berpegang teguh dengan menyerahkan diri itu menerima dengan seluruh dalil yang sampai kepada kita menerima dalil yang di dalamnya ada penyebutan sifat Allฤh & meyakini bahwasanya sifat-sifat Allฤh tidak sama dengan sifat-sifat makhluk.

Ini adalah termasuk penyerahan diri jadi kalau kita perhatikan maka ahlussunnah wal jamaah mereka adalah orang-orang yang benar-benar menyerahkan diri kepada Allฤh berbeda dengan ahlul kalam

ูˆَุนَู„َูŠْู‡ِ ุฏِูŠู†ُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ

Dan di atasnya lah agama seluruh para Rasul yang telah diutus oleh Allฤh subhanahu wa Ta’Ala kepada manusia maka agama mereka adalah satu yaitu apa Al Islam, apa makna Islam? penyerahan diri

ุฅِู†َّ ุงู„ุฏِّูŠู†َ ุนِู†ุฏَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ُ ۗ

Sesungguhnya agama di sisi Allฤh adalah Islam

ูˆَู…َู† ูŠَุจْุชَุบِ ุบَูŠْุฑَ ุงู„ْุฅِุณْู„َุงู…ِ ุฏِูŠู†ًุง ูَู„َู† ูŠُู‚ْุจَู„َ ู…ِู†ْู‡ُ ูˆَู‡ُูˆَ ูِูŠ ุงู„ْุขุฎِุฑَุฉِ ู…ِู†َ ุงู„ْุฎَุงุณِุฑِูŠู†َ
[QS Al Imran 85]

Dan barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam maka tidak diterima darinya dan diakhirat dia termasuk orang² yang merugi.

Yaitu adalah agama para Rasul agama Islam

ุงู„ุฃู†ุจูŠุงุกُ ุฅุฎูˆَุฉٌ ู„ุนَู„َّุงุชٍ ูˆَุฃُู…َّู‡َุงุชُู‡ُู…ْ ุดَุชَّู‰ ูˆَุฏِูŠู†ُู‡ُู…ْ ูˆَุงุญِุฏٌ

Para Nabi mereka adalah saudara ibu-ibu mereka berbeda tapi agama mereka satu yaitu Islam.

Apa makna Islam Islam artinya adalah menyerahkan diri, jadi termasuk penyerahan diri kita termasuk konsekuensi dari keislaman kita adalah menerima seluruh apa yang datang dari Allฤh dan juga RasulNya termasuk diantaranya adalah penyebutan sifat-sifat Allฤh kemudian juga tentang rukyatullah Yaumal Qiyamah

ูˆَุนَู„َูŠْู‡ِ ุฏِูŠู†ُ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ،

Berarti di sini ada penguatan kembali tentang keharusan beriman dengan rukyatullฤh.

Itulah yang bisa kita sampaikan pada halaqoh kali ini semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali pada halaqoh selanjutnya.

ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Ustadz Dr. Abdullah Roy, M.A ุญูุธู‡ ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...

Chord dan Lirik

Ulasan Film

ad2

Keimanan dan Keyakinan

Olahan Makanan

Tempo Doeloe

Tips dan Trik

Explore Indonesia

Broker Kripto